Pengembangan Karakter Religius Anak TK Putra Pembangunan

MALANG – Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  melakukan pengembangan dan pemberdayaan kepada masyarakat dengan menerapkan perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Dalam membentuk pengembangan karakter religius anak pada usia dini TK Putra Pembangunan mengadakan Istighosah rutin setiap hari Jumat Legi yang dilaksanakan oleh seluruh akademika, siswa siswi dan orang tua wali murid.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 Agustus 2024 dan diikuti juga oleh PMM kelompok 58 yang turut membantu persiapan dan berjalannya kegiatan istighosah ini sehingga dapat dimulai dan diakhiri dengan sangat baik. Kegiatan ini diawali dengan melakukan doa dan tahlil bersama serta pengumuman dari guru guru siswa terkait beberapa hal, kemudian diakhiri dengan agenda makan bersama sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam bentuk istighosah sebuah bentuk doa bersama untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Tuhan, menjadi bagian penting dalam membentuk karakter anak-anak sejak usia dini. Istighosah dilakukan setiap Jumat Legi selain berguna sebagai pengembangan karakter anak sejak dini juga dapat memberikan pandangan baru kepada orang tua dalam memberikan edukasi religi kepada putra dan putri mereka. Istighosah juga menjadikan wadah untuk berkembangnya kecerdasan anak, membukakan pola pikir baik kepada anak di usia dini, dan dalam jangka pendek dapat membantu melatih anak dalam melakukan pelafalan untuk membaca huruf arab dan membantu anak mengenal banyak doa doa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena selain membangun dan memperkuat karakter religius siswa siswi TK Putra Pembangunan, juga dapat menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan sekolah dan mempererat hubungan antara para siswa, orang tua serta guru-guru TK Putra Pembangunan” ujar Dhyke Cahyaningtyas selaku mahasiswa dan koordinator PMM kelompok 58.

Salah satu guru TK Putra Pembangunan mengungkapkan bahwa kegiatan istighosah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. “Memang setiap Jumat Legi disini mengadakan Istighosah bersama-sama dengan orang tua murid, di jam pertama hingga istirahat lalu setelah istirahat dilanjutkan dengan belajar di kelas masing-masing seperti biasa” ujarnya.

Melalui kegiatan istighosah ini, kita dapat melihat betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai agama sejak dini. Diharapkan kegiatan istighosah ini dapat terus menjadi bagian integral dalam pendidikan anak-anak di TK, mengingat pentingnya membangun pondasi spiritual yang kuat sejak usia dini untuk membentuk kepribadian yang kokoh dan berbudi luhur.

Leave a Comment