Untuk Pengamanan Pilkada Serentak 2024 Polres Bondowoso Tingkatkan Kemampuan Dalmas

BONDOWOSO – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Polres Bondowoso Polda Jatim memaksimalkan kegiatan latihan pengendalian massa (Dalmas).

Latihan kemampuan Dalmas tersebut berlangsung selama Dua hari berturut – turut dan diikuti oleh seluruh Personel Polres Bondowoso di lapangan Mapolres Bondowoso.

Kasihumas Polres Bondowoso Ipda Bobby mengatakan, perlunya latihan Dalmas ini untuk memastikan kesiapan Personel dalam mengantisipasi bila ada aksi massa pada Pilkada 2024.

Ipda Bobby juga mengatakan tujuan utama pengendalian massa adalah melindungi massa pengunjuk rasa sesuai dengan Pasal 3 Perkap No. 16 Tahun 2006 tentang Pengendalian Massa.

“Untuk mempersiapkan diri dalam mewujudkan keamanan dan menjaga kondusifitas Kamtibmas pada tahapan Pilkada 2024,”ujar Ipda Bobby, Kamis (8/8).

Latihan ini terbagi menjadi 3 regu yaitu Pleton Negosiator, Pleton Dalmas Awal serta Kompi Dalmas Lanjut.

Ditambahkan oleh Ipda Bobby, selain sebagai sarana peningkatan kemampuan, dalam latihan ini para personel juga dapat melatih fisik serta memupuk mental yang stabil.

“Ini agar dapat mengendalikan diri dalam menghadapi massa pengunjuk rasa nantinya,”tambah Ipda Bobby.

Sementara itu, Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono menuturkan Latihan Dalmas ini akan terus dilaksanakan sebagai wujud kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 yang semakin dekat.

Ia juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung dan tetap menjaga kondusifitas keamanan demi suksesnya Pilkada serentak yang aman dan damai di Kabupaten Bondowoso.

“Diharapkan dengan kegiatan ini Polres Bondowoso mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada nasyarakat Kota Mojokerto dalam menatap tahapan Pilkada Serentak 2024,”pungkas AKBP Lintar Mahardhono. (*)

Leave a Comment