Panglima TNI-Kapolri Tinjau Terowongan Silaturahmi Jelang Kunjungan Paus

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau terowongan penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta. Rencananya, terowongan penghubung atau terowongan silaturahmi itu akan digunakan untuk menyambut kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus.
Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (4/9/2024), Panglima TNI dan Kapolri terlihat tiba di Masjid Istiqlal. Panglima dan Kapolri disambut oleh pengurus Masjid Istiqlal.

Mereka kemudian berkeliling meninjau kondisi sekitar masjid. Panglima dan Kapolri juga terlihat meninjau terowongan silaturahmi yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Terlihat Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto turut mendampingi di lokasi. Selain itu, jajaran pejabat TNI dan Polri juga ikut meninjau.

Diketahui, Paus Fransiskus tiba di Jakarta pada Selasa (3/9) siang dalam rangka melaksanakan perjalanan apostolik sekaligus kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Paus Fransiskus dijadwalkan berkegiatan di Indonesia hingga 6 September 2024.

Selama di Indonesia, Paus Fransiskus akan mengunjungi sejumlah tempat untuk mengikuti beberapa agenda kenegaraan dan keagamaan. Pada hari ini, Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian, Paus Fransiskus melakukan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik (Pidato Bapa Suci) di Aula Istana Negara, Jakarta.

Lalu, pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. Dan juga pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) Pertemuan dengan Scholas Occurrentes di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Grha Pemuda.

Paus Fransiskus ke Istiqlal Besok
Paus Fransiskus juga dijadwalkan berkunjung ke Masjid Istiqlal besok. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar telah memastikan kesiapan kunjungan tersebut.

“Kita sudah siap semuanya ya, jadi gladi bersih sudah selesai,” kata Nasaruddin kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9).

Nasaruddin mengatakan Paus Fransiskus akan mengunjungi terowongan toleransi, yang menghubungkan Gereja Katedral dengan Masjid Istiqlal. Menurutnya, Paus Fransiskus terkesan oleh terowongan tersebut.

“Masyaallah, Paus (Fransiskus) akan berkunjung ke terowongan. Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik. Dia sangat terkesan, ingin mengunjungi masuk ke dalamnya,” ujarnya.

Leave a Comment