Bhabinkamtibmas Desa Wonoagung Kasembon, amankan bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang

Kota Batu – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang menggelar Program bedah rumah milik Bpk Subur di Dsn. Bejirejo RT.009/ RW.008 Desa Wonoagung Kec Kasembon yang mana ini merupakan program berkelanjutan setiap tahunya guna membantu masyarakat kurang mampu agar mempunyai rumah yang layak huni.

Bhabinkamtibmas Desa Wonoagung Kec Kasembon Briptu Galih Trijati Pamungkas turut hadir dalam mengamankan serta membantu untuk merenovasi rumah bapak Subur dengan dibantu masyarakat sekitar.

Seperti diberitakan sebelumnya di media Online bahwa pada tahun 2023, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang telah berhasil memperbaiki 415 rumah. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dari target yang mereka pasang, yakni 400 rumah.

“Sudah tutup untuk program bedah rumah. Tahun ini targetnya 400, lebih 15 (rumah),” ujar Ketua Baznas Kabupaten Malang, KH Khoirul Hafiz Fanani, beberapa waktu lalu.

Kebanyakan rumah yang dibantu dalam program bedah rumah ini berada di wilayah pinggiran Kabupaten Malang, seperti di Kecamatan Kasembon, Ngantang, Lawang, Sumbermanjing Wetan, dan sekitarnya. Rumah-rumah ini dianggap tidak layak huni dan tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas

“Dalam pengajuan bedah rumah, kepala desa setempat harus melampirkan keterangan bahwa rumah tersebut tidak dapat bantuan dari pemerintah,” kata Hafiz.

Program bedah rumah di tahun 2023 lalu , menghabiskan dana sekitar Rp 6 miliar. Setiap rumah mendapatkan anggaran sekitar Rp 15 juta di program ini.

Terkait target bedah rumah di tahun 2024 ini, Hafiz menyebut pihaknya menargetkan 600 rumah. Angka ini 50 persen lebih tinggi dibandingkan target di tahun 2023.

Naiknya target bedah rumah ini seiring dengan naiknya target pendapatan Baznas Kabupaten Malang di tahun 2024, yakni Rp 16 miliar. Sebagai informasi, di tahun 2023, pendapatan Baznas Kabupaten Malang berada di angka Rp 10 miliar.

“Mudah-mudahan bisa mencapai Rp 16 miliar di tahun 2024 ini,” kata Hafiz.

Polres Batu melalui Bhabinkamtibmas di semua Polsek bertekat akan membantu mengamankan kegiatan dari Pemerintah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang, sehingga kehadiran Polri di masyarakat akan semakin terasa.

Leave a Comment