Tingkatkan Kemampuan, Satbinmas Polres Batu Gelar Latkatpuan Kasatkamling

   

Polres Batu – Dalam rangka meningkatkan kemampuan PPGD dan Penanggulangan Bencana alam di wilayah hukum Polres Batu, pada pagi ini Polres Batu Polda Jatim melalui Satbinmas menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) bagi Kasat Kamling Kelurahan/Desa se-wilayah hukum Polres Batu, bertempat di Rupatama Polres Batu, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 53 orang Kasat Kamling Kelurahan/Desa se–wilayah hukum Polres Batu. Satbinmas adalah pengemban fungsi pembinaan bagi kegiatan swakarsa termasuk didalamnya adalah pengamanan. Kegiatan pengawamanan Swakarsa diantaranya diselenggarakan oleh linmas dan juga masyarakat.

 

Sebagai pengemban fungsi tekhnis, maka pada hari ini Satbinmas Polres Batu menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) bagi Kasatkamling Kelurahan/Desa se-wilayah hukum Polres Batu.

 

Sebagaimana diketahui bahwa secara wilayah hukum Polres Batu memiliki wilayah 6 kecamatan yaitu 3 kecamatan diwilayah Pemkot Batu adalah Batu, Bumiaji, Junrejo dan 3 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang (Pujon, Ngantang, Kasembon).

Adapun jumlah kelurahan / desa sebanyak 53 terdiri dari 5 kelurahan dan 48 desa,” jelas AKP Dwi Jatmiko, Kasat Binmas Polres batu mewakili Kapolres Batu.

 

“Menyadari bahwa kelurahan dan desa yang berada di wilayah hukum Polres Batu, sering terjadi bencana, baik itu bencana alam maupun kecelakaan, maka materi pelatihan secara pokoknya ada 2 materi,” jelasnya.

Materi pertama yaitu Penanggulangan Bencana yang disampaikan oleh Gatot Noegroho, S.T., Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan materi kedua adalah Teknis Praktir Pertolongan Pertama Gawad Darurat yang disampaikan oleh Abdul Muntholip, Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu”, ujar AKP Dwi Jatmiko.

 

“Kami berharap paling tidak kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat diteruskan kepada anggota linmas dan satkamling yang ada di masing – masing kelurahan dan desa. Apalagi berhubungan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, ini Mabes Polri akan menyelenggarakan Lomba Pos Satkamling, Semoga dengan adanya kegiatan ini berkenaan dengan materi yang akan diberikan nantinya dapat bermanfaat bagi kasatkamling,” harap AKP Dwi.

 

“Perlu diketahui bahwa Peserta lomba Pos Satkamling adalah dari Kelurahan atau Desa seluruh Indonesia secara berjenjang. Tingkat Polsek mengirim peserta 1 Pos Satkamling untuk dinilai tingkat Polres. Kemudian pemenang tingkat Polres akan dikirim untuk dilakukan penilaian tingkat Polda. Dan pemenang tingkat Polda akan dikirim untuk dinilai tingkat Mabes Polri,” pungkas Kasat Binmas.

Leave a Comment