Kapolres Batu bersama Forkopimda Batu – Malang, Gelar Rakor Eksternal Jelang Pengamanan Pilkada Serentak 2024*

 

Kota Batu, – Dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) serentak 2024, Polres Batu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Semeru 2024 untuk wilayah hukum Polres Batu di Hall Arjuna Hotel Selecta, Kamis (15/8/2024).

Dalam kegiatan Rapat koordinasi langsung dipimpin Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranatha, S.H., S.I.K., M.Si.. Rapat koordinasi dihadiri PJ. Walikota Batu Aries Agung Paewai , S. Stp, Bupati Malang H. Sanusi, Mayor Arh M. Ridwan ( Pabung mewakili Dandim 0818 ), Forkopimda Batu, Wakil Ketua DPRD Batu Nurochman, Kajari Batu diwakili Kasi Pidum. , Kajari Kabupaten Malang , Satpol PP ( Kota Batu dan Kabupaten Malang ), Kepala Kesbangpol Batu Ahmad Dahlan, Dishub Kota Batu, KPU ( Batu dan Kabupaten Malang ), Bawaslu ( Kota Batu, Pujon, Ngnatang dan Kasembon ) BPPD ( Kota Batu, Pujon, Ngnatang, Kasembon ), Muspika Batu, serta Parpol dan perwakilan Ormas se Kota Batu sebagai peserta rapat.

Dalam sambutannya, Kapolres Batu mengungkapkan, ” kami mencoba mengejar waktu, kebetulan ada petunjuk dari Mabes Polri bahwa pihak kepolisian mengambil Operasi Mantap Praja khususnya di Jawa Timur, Operasi Mantab Praja akan terhitung mulai tanggal sembilan belas Agustus itu kurang lebih selama seratus tiga puluh lima hari yang nanti berakhir di tiga puluh satu Desember dua ribu dua puluh empat. Maka aktivitas menuju operasi berarti harus dilaksanakan, kami ada sebuah mekanisme rakor itu harus dilaksanakan kemudian sispam kota dipersiapkan kemudian taktik floor game “.

AKBP Andi Yudha Pranatha menambahkan, rapat koordinasi ( rakor ) dilaksanakan berguna untuk memperkuat proses komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara pihak Polres Batu dengan berbagai pihak yang terlibat dalam proses pilkada yang akan datang, sehingga dapat membangun sinergi secara langsung dalam Ops Mantab Praja Semeru 2024.

Dalam penyampaiannya Kapolres Batu berharap dalam rakor pelaksanaan operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang bakal dilaksanakan mulai 19 Agustus hingga 31 Desember berjalan lancar serta masuk dalam zona kolaborasi.

” Pada pelaksanaan operasi di Senin depan sudah bermain di zona kolaborasi, tidak lagi mempermasalahkan soal komunikasi dan koordinasi, namun levelnya sudah level kolaborasi kita dalam mengelola penyelenggaraan pemilu supaya nantinya mendapatkan pemimpin – pemimpin yang diharapkan kita semua dan masyarakat dan proses ini legitimate serta legitimasinya ada “, tutur AKBP Andi Yudha Pranatha.

Dalam memberikan prespektif dari kepolisian, dimana dinamika apa yang terjadi menggangu proses pilkada mendatang. AKBP Andi mengaku saat ini sudah dilakukan maping di wilayah hukum Polres Batu yang meliputi 3 kecamatan berada di Wilayah Pemerintahan Kota Batu dan 3 kecamatan berada di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Malang.

“Harapan kami dalam pilkada di Wilayah Hukum Polres Batu tentunya di 3 Wialayah Kecamatan Kota Batu dan 3 Wilayah Kecamatan Kabupaten Malang dapat berjalan lancar , aman dan sukses.” Ungkap Kapolres.

Rapat Koordinasi Eksternal diakhiri dengan penandatangan Deklarasi Damai oleh seluruh partai politik yang ada di Kota Batu, Kodim 0818, Polres Batu, KPU serta Bawaslu.

Usai penandatangan deklarasi damai, AKBP Andi Yudha Pranatha kepada awak pers media menyampaikan, ” hari ini ada dua agenda besar, yang pertama dalam rangka menyamakan persepsi tentang progres persiapan bagaimana pilkada serentak 2024 khususnya pemilihan walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati baik di kabupaten Malang atau di Batu. Kemudian yang ke dua adalah memastikan bahwa adanya tekat yang sama untuk mensukseskan pilkada serentak 2024 yang damai, jadi nanti harapannya pilkada betul – betul menjadi sebuah pesta yang dinikmati masyarakat damai serta nyaman”. Tutup Kapolres Batu.(*)

Leave a Comment