Belajar Mengenal Cinta Alam Melalui Kegiatan Menanam

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini adalah untuk mengaplikasian Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan melakukan kegiatan bercocok tanam atau menanam bunga bersama dengan anak-anak TK Putra Pembangunan. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting tentang kelestarian lingkungan pada anak sejak dini. Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2024 dengan bentuk program kerja outbound edukatif, ini diramaikan oleh anak-anak dari TK B dengan penuh semangat menanam bibit tanaman hias di halaman sekolah. Kegiatan bercocok tanam ini merupakan salah agenda dari PMM Kelompok 58 pada program kerja outbound edukatif dan ini juga menjadi bagian dari kegiatan interaktif program pembelajaran pada TK Putra Pembangunan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak mengenai cara merawat tanaman sambil menanamkan rasa cinta terhadap alam. Kemudian, kegiatan ini juga tidak hanya memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berinteraksi dengan alam, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan motorik halus mereka. Nilai penting juga terdapat pada kegiatan menanam ini yaitu mengusahakan anak dapat terbangun dalam dirinya semangat cinta alam serta membangun rasa kebersamaan dan juga kerja sama dalam melakukan suatu hal. Nilai penting ini merupakan nilai yang tersirat dalam kegiatan menanam.

Kepala Sekolah TK Putra Pembangunan, Ibu Endah Sri, menjelaskan, “Kami percaya bahwa pengalaman langsung seperti ini tidak hanya mengajarkan anak-anak tentang cara merawat tanaman, tetapi juga dapat membangun kesadaran mereka terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga lingkungan”.

Selain itu pengembangan motorik halus juga diperhatikan dan memiliki nilai besar dalam kegiatan tersebut, karena anak dapat terbiasa dalam melakukan gerakan gerakan kecil seperti memupuk, mengambil, dan sebagainya serta mengajarkan anak untuk tidak asing dengan alam sekitar. Kegiatan menanam ini memberikan manfaat sebagai sarana untuk mengenalkan mereka pada nilai-nilai cinta akan alam. Dan juga melalui kegiatan menanam ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar mereka.

Leave a Comment