Kapolres Batu Hadiri Musda Ke-V dan Dialog Kebangsaan MUI Kota Batu

      Polres Batu – Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si., turut hadir dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ke-V dan Dialog Kebangsaan yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu. Acara ini berlangsung di Hotel Horizon Kota Batu, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan masyarakat, termasuk Wakil Ketua MUI Jawa Timur, Dewan Pertimbangan MUI Kota Batu, serta perwakilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kementerian Agama, dan Pemerintah Kota Batu, Kamis (29/8/2024).

Ketua MUI Kota Batu, KH. Abdullah Tohir, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran para undangan. Beliau menegaskan pentingnya peran MUI dalam menjaga ketentraman dan menciptakan situasi kondusif, terutama menjelang Pilkada 2024. KH. Abdullah Tohir juga mengapresiasi kinerja pengurus MUI Kota Batu periode 2019-2024, yang berhasil meraih peringkat kedua dalam bidang inovasi dan kepeloporan pada ajang akreditasi MUI Jawa Timur pada tahun 2022.

Drs. Susetya Herawan, M.Si., yang mewakili Pj. Walikota Batu, menyatakan dukungan penuh Pemerintah Kota Batu terhadap kegiatan MUI. Ia berharap MUI dapat terus berperan aktif dalam menjaga suasana yang sejuk dan damai di Kota Batu, terutama menjelang Pilkada.

Dalam sambutannya, perwakilan MUI Jawa Timur, Drs. KH. Ahsanul Haq, M.Pd.I., menekankan pentingnya netralitas MUI dalam Pilkada 2024. Menurutnya, sikap netral ini akan memungkinkan MUI untuk menjadi penengah dan penyelesai masalah di masyarakat, yang pada akhirnya akan menjaga keutuhan dan kondusivitas wilayah.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata,S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan dukungannya terhadap langkah-langkah MUI Kota Batu. Beliau menegaskan pentingnya sinergi antara MUI, Polri, dan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah menjelang dan selama Pilkada.

Kami berharap kegiatan Musda ini dapat memperkuat kerja sama antara MUI, Polri, dan pemerintah daerah, sehingga proses demokrasi di Kota Batu dapat berjalan dengan lancar dan aman,” harap AKBP Andi.

Musda kali ini juga diwarnai dengan dialog kebangsaan yang menitikberatkan pada netralitas MUI dalam Pilkada, sinkronisasi program MUI dengan kebijakan pembangunan Kota Batu, serta penguatan kolaborasi antara MUI dengan Polri dan pemerintah kota. Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antar lembaga serta menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Kota Batu, khususnya menjelang Pilkada mendatang.

Leave a Comment